Kamis, 05 Oktober 2017

Komponen dan Evaluasi Manajemen Strategi

Manajemen Strategik
Manajemen strategik dapat diartikan sebagai usaha manajerial menumbuh kembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan.
Determinan Tujuan Perusahaan Perusahaan didirikan dengan berbagai tujuan pokok antara lain :
  •   Memperoleh laba
  •   Meningkatkan harga saham
  •   Meningkatkan volume penjualan
  •   Mempertahankan kelangsungan hidup.
untuk  mencapai  tujuan  perusahaan  yang  telah  ditetapkan, manajemen perlu memperhatikan 2 faktor yakni :
  • Faktor Eksternal
Merupakan  lingkungan  bisnis  yang  melengkapi  operasi perusahaan yang daripadanya muncul peluang dan ancaman. Faktor ini mencakup :
-  Lingkungan industri
-  Lingkungan bisnis makro.
  • Faktor Internal
     Yang meliputi semua manajemen fungsional antara lain :
  -  Manajemen Pemasaran
  -  Manajemen Keuangan
  -  Manajemen Operasi
  -  Manajemen SDM
  -  Penelitian dan pengembangan
  -  SIM.
  -  Budaya Perusahaan
Pengertian dan Komponen Manajemen Strategik
  • Manajemen strategik dapat  diartikan  sebagai  usaha manajerial  menumbuh  kembangkan  kekuatan  perusahaan untuk  mengeksploitasi  peluang  bisnis  yang  muncul  guna mencapai  tujuan  perusahaan  yang  telah  ditetapkan  sesuai dengan misi yang telah ditentukan.
    • Misi perusahaan.
  • Sedangkan komponen pokok manajemen strategik meliputi :
    • Analisis  lingkungan  bisnis  yang  diperlukan  untuk mendeteksi peluang dan  ancaman bisnis.
    • Analisis  profil  perusahaan  untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
    • Strategi  bisnis  yang   diperlukan  untuk  mencapai  tujuan perusahaan dengan memperhatikan misi perusahaan.
Perkembangan Manajemen Strategik
Dengan  penyederhanaan  yang  agak  berlebihan,  sejarah perkembangan manajemen strategik dengan menggunakan tolak ukur waktu di negara maju dapat dikelompokkan dalam 4 tahapan :
  1. Anggaran dan pengawasan keuangan
Adalah modal perencanaan perusahaan yang dikenal pertama kali oleh para eksekutif perusahaan.
2. Perencanaan jangka panjang
Merupakan  modal  perencanaan  perusahaan  dimana  semua konsep,  teknik  dan  alat  analisa  yang  digunakan  pada  model tahap  pertama  tetap  digunakan  namun  sudah  mulai menerapkan untuk jangka waktu panjang, biasanya mencakup 5 tahunan.
3. Perencanaan strategik perusahaan
Adalah  model  perencanaan  perusahaan  yang menitik beratkan  pada  hal  pemasaran,  khususnya dalam  hal pemenuhan kepuasan konsumen.
4. Manajemen strategik
Adalah  perkembangan  lebih  jauh  dari  model- model yang sudah ada khususnya tahapan ketiga.
Intensitas Manajemen Strategik
Intensitas  dan  formalitas  manajemen  strategik  berbeda dari  satu  perusahaan  ke  perusahaan  yang  lain.  Cukup  banyak perusahaan  yang  menyusun  manajemen  strategik  secara komprehensip,  detail  dan  memberikan  tekanan  pada  akurasi.
Biasanya  dijumpai  pada  perusahaan  besar  dan  modern  karena tersedia  dana  dan  tenaga  yang  cukup  lebih  banyak  lagi perusahaan  yang  menyusun  managemen  strategik  secara sederhana  dan  parsial.  Jenis  ini  lebih  banyak  dijumpai  pada perusahaan  kecil  dan  menengah  yang  biasanya  tidak  memiliki cukup dana dan tenaga ahli.
Banyak  faktor  yang  mempengaruhi  intensitas  dan formalitas  penyusunan  manajemen  strategik  yang  secara sederhana dapat dilihat pada tabel berikut :

DETERMINAN INTENSITAS MANAJEMEN STRATEGIK
Formal & Detail                                                    Informal & Garis Besar
                                               Organisasi
                                                 ♦   Kecil   →
                                          ←   ♦  Besar
                                         Gaya Manajemen
                                          ♦  Demokratis   →
                                    ←   ♦  Otoriter
                                           ♦  Intuitif   →
                                           ♦  Operatif   →
                                           ♦  Pengalaman   →
DETERMINAN INTENSITAS MANAJEMEN STRATEGIK
Formal & Detail                                                    Informal & Garis Besar
                        Kompleksitas Lingkungan Bisnis
                                          ←   ♦   Stabil 
                                             ♦  Tidak Stabil  →
                        ←      ♦  Tingkat Persaingan Rendah
                                    ♦  Tingkat Persaingan Tinggi   →
                               ♦  Banyak pasar dan Konsumen
                                    ♦  Sedikit pasar dan konsumen   →

DETERMINAN INTENSITAS MANAJEMEN STRATEGIK
Formal & Detail                                                    Informal & Garis Besar
                                          Proses Produksi
                                ←           ♦  Padat Modal
                                   ←        ♦  Padat Karya
                                  ←         ♦  Terintegrasi
                                           ♦  Sederhana    →
                              ←        ♦  Teknologi Tinggi
                                 ♦  Teknologi Sederhana   →
                       ♦  Waktu Tunggu Retaliasi Pendek    →
           ←           ♦  Waktu Tunggu Retaliasi Panjang
DETERMINAN INTENSITAS MANAJEMEN STRATEGIK
Formal & Detail                                                    Informal & Garis Besar
                                     Karakteristik Persoalan
                        ←        ♦  Kompleks, Baru dan Keras
                                    ♦  Sederhana                             →
                                      Tujuan Perencanaan
                        ←       ♦  Koordinasi
                                   ♦  Latihan                                  →

Manfaat Manajemen Strategik
  • Sepanjang pemahaman dan praktek manajemen strategik yang dikenal oleh eksekutif perusahaan tidak menyimpang terlalu jauh, maka perannya yang signifikan dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuan tetap dapat diharapkan.
  • Termasuk di dalamnya peran historis yang selama ini telah disandangnya, yakni untuk membantu manajemen dalam melakukan pilihan strategi bisnis dengan pendekatan yang logis, rasional dan sistematis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Operasi dan Produktivitas

Apa itu Manajemen Operasi : Produksi – Penciptaan barang dan jasa Manajemen operasi (operation management – OM) - Aktivitas yang berhubu...